Manfaat Petir Penghasil ozon

20:36

Indonesia merupakan Negara tropis yang  mempunyai dua musim yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Nah pada saat musim penghujan ini biasanya banyak turun hujan yang disertai dengan sambaran petir. Petir atau dalam istilah lain gluduk (jawa), bledek, guntur, halilintar merupakan energy listrik yang dihasilkan dari awan yang bermuatan negative bertemu dengan awan yang bermuatan positif sehingga akan menghasilkan listrik. Anda mungkin akan merasa takut saat hujan disertai dengan petir, itu sangat wajar karena petir sangat berbahaya apabila sampai ke bumi.

Tapi Tahukah anda, bahwa petir dapat menghasilkan ozon? Ini dapat dijelaskan dalam beberapa teori yang ada. Ozon secara alamiah terbentuk dari radiasi sinar ultraviolet matahari yang mampu menguraikan gas oksigen di udara bebas. Selanjutnya molekul oksigen tadi terurai menjadi dua buah atom oksigen yang secara alamiah berrtumbukan dengan molekul gas oksigen yang berada disekitarnya dan akhirnya terbentuklah ozon.

Tetapi ozon juga dapat terbentuk ketika listrik yang bertegangan tinggi 20.000 volt melewati oksigen akan menyebabkan electron bertabrakan dengan molekul oksigen sehingga akan terbentuk senyawa ozon (03). Nah ini terjadi secara alamiah ketika petir yang menyambar melewati oksigen bebas yang ada di langit maka secara alami akan terbentuk ozon. Dengan rekayasa engineering, banyak sekali metode ozonisasi air minum yang memanfaatkan listrik tegangan tinggi yang mengaliri oksigen.

Kita tidak perlu takut ataupun mencela, justru kita patut bersyukur ketika terjadi badai petir, di saat itulah ozon terbentuk. Seperti diketahui, lapisan ozon yang ada di lapisan stratosfir berfungsi melindungi bumi beserta isinya dari bahayanya radiasi sinar matahari. Sungguh luar biasa manfaat petir yang dapat menghasilkan ozon.
Share this with short URL: Get Short URLloading short url

Share this

Seorang blogger pemula yang masih belajar dalam menulis sebuah artikel yang menarik dan berkualitas untuk dibaca.


Artikel Menarik Lainnya

Next Article
Next Post
Previous Article
Previous Post
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *