Proses Terbentuknya Penyakit Kanker

01:15

Kanker atau disebut juga puru ayal atau neoplasma ganas adalah suatu penyakit yang ditandai dengan kelainan siklus sel sehingga menimbulkan kemampuan sel untuk menyerang jaringan biologis di dekatnya, tumbuh tidak terkendali dan kemampuan bermigrasi ke jaringan tubuh yang lainnya melalui sirkulasi darah atau sistem limfatik.
Semua jenis penyakit terutama penyakit kanker yang terjadi pada manusia biasanya diawali dengan suatu proses, proses terbentuknya kanker memerlukan waktu cukup lama, kebanyakan berlangsung belasan sampai puluhan tahun. Karena proses yang begitu lama, maka banyak penderita kanker ketika  memeriksakan diri ke rumah sakit baru menyadari bahwa yang dideritanya sudah dinyatakan parah oleh dokter. Hal ini disebabkan karena penderita penyakit kanker tidak mengetahui sebelumnya atau terlambat mengetahuinya. Oleh sebab itu masyarakat perlu mengetahui gambaran singkat tentang bagaimana proses terjadinya kanker pada tubuh manusia.  Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan terutama di Negara berkembang, karena kebanyakan Negara berkembang untuk penanganan kanker  masih belum optimal, contohnya untuk peralatan maupun kesadaran para pasien.
Berikut adalah beberapa proses  terbentuknya kanker  antara lain :
Kelenjar Getah bening
Di  dalam tubuh manusia yang sangat beresiko akan munculnya benjolan kelenjar getah bening antara lain di belakang telinga, leher bagian belakang dan ketiak. Benjolan ini terkadang dapat hilang dengan sendirinya kadang juga tidak bisa hilang, bahkan bisa semakin mengeras dan membentuk suatu jaringan tumor yang lambat akan berubah menjadi jaringan kanker. Benjolan yang kadang muncul dan kadang hilang sebaiknya pasien secara aktif melakukan deteksi dini dengan melakukan pemeriksaan ke dokter.

Terbentuknya jaringan kista
Kista merupakan  suatu benjolan yang berisi cairan berbentuk gel dan kista ini biasanya muncul terutama pada wanita  disekitar payudara dan rahim

Terbentuknya tumor
Tumor adalah suatu daging yang pertumbuhannya tidak terkendali atau orang awam biasanya menyebut dengan daging tumbuh. Apabila didalam  jaringan tubuh terdapat tumor sedangkan untuk  penderitanya tetap pasif maka biasanya tumor tersebut berubah menjadi tumor ganas apabila tidak segera di deteksi dan diobati secara cepat dan tepat. Pengobatan tumor biasanya dilakukan dengan cara pengangkatan tumor tersebut atau operasi


Tumor jinak akan tumbuh menjadi ganas atau disebut kanker kalau tidak ditangani dengan cepat dan tepat.. Keberhasilan penyembuhan kanker sangat bergantung pada stadium atau tingkat kanker pada saat ditemukan oleh dokter, oleh karena itu deteksi dini dan pengobatan cepat dan tepat sangat berpengaruh terhadap keberhasilan penyembuhan dan pengobatan.
Share this with short URL: Get Short URLloading short url

Share this

Seorang blogger pemula yang masih belajar dalam menulis sebuah artikel yang menarik dan berkualitas untuk dibaca.


Artikel Menarik Lainnya

Next Article
Next Post
Previous Article
Previous Post
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *